Minggu, 02 Juni 2013

Tugas A. Lucretia R.


SEJARAH SEBAGAI PERISTIWA, KISAH, ILMU DAN SENI
OLEH : A.LUCRETIA RAMADANTI .Y.-X.9-123278
e-mail : reti_emcc@yahoo.com



Sejarah sebagai Peristiwa adalah sebagai peristiwa yang terjadi dimasa lampau,dalam arti peristiwa sebagaimana terjadinya; dengan kata lain ,sejarah sebagai peristiwa adalah proses sejarah dalam aktualitasnya atau history as past actuality atau historie realite. Jadi pada prinsipnya; sejarah sebagai peristiwa adalah melihat sejarah sebagaimna terjadinya,dan merupakan hasil tindakan manusia, pada jangka waktu tertentu pada masa lampau ,yang dilakukan pada tempat tertentu.
Sifat sejarah sebagai peristiwa adalah objektif, unik dan penting
.
 Sejarah sebagai kisah adalah cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan pendapat seseorang, memori, kesan atau tafsiran manusia terhadap suatu peristiwa yanng terjadi pada masa lampau. Sejarah sebagai kisah disebut juga sejarah serba subyek, yang artinya bahwa sejarah yg telah ditulis mendapat penafsiran dari penyusunnya,. dalam hal ini sejarawan mempunyai peran sebagai The man behind the Gun, artinya mereka menyusun cerita sejarah berdasarkan jejak jejak sejarah ,namun tetap dipengaruhi oleh sudut pandang sejarawan itu sendiri. Subyektifitas sejarah sebagai kisah dipengaruhi berbagai faktor, seperti kepentingan nilai yang di perjuangkannya, kelompok sosial penulisnya , dan kemampuan bahasa yang dimilikinya.
 Sejarah sebagai ilmu adalah suatu susunan pengetahuan tentang peristiwa dan cerita yang terjadi dalam masyarakat manusia pada masa lampau yang disusun secara sistematis dan menggunakan metode yang didasarkan pada azas azas , prosedur dan metode serta teknik ilmiah yang di akui oleh para pakar sejarah.
 Syarat pokok sejarah disebut sebagai ilmu adalah :
   
 1. Empiris
2. Memiliki obyek
3. Ilmiah atau dapat dipertanggung jawabkan
4. Menggunakan Metode
5. Sistematik
    




Sejarah sebagai seni adalah imajinasiterhadap fakta fakta sejarah sehingga didapatkan gambaran kehidupan di masa lampau . Jiwa untuk menghidupkan kembali masa lampau dalam gambaran penulisan mirip seperti seorang penulis novel atau penyair, namun imajinasi yang dituangkan dibatasi oleh fakta dan sama sekali tidak menentang fakta.  Elemen yang terdapat dalam sejarah tidak hanya elemen ilmiah tetapi juga elemen seni. Dan elemen seni yang dimaksud adalah :

1. Imajinasi
2. Intuisi
3. Emosi
4.Gaya Bahasa






Daftar Pustaka
Gottschalk,Louis.1969. Mengerti Sejarah,terj Nugroho Notosusanto
Ismaun . Pengantar Ilmu Sejarah
Kuntowijoyo,Dr.2003.Metodologi Sejarah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar