Minggu, 02 Juni 2013

Tugas Ghina N.I. Nugraha


Jenis-jenis Sejarah
Ghina Nouva Indira Nugraha
X.9
Ghinanova@ymail.com

Menurut Fokus Masalahnya Sejarah dapat dibagi Menjadi Berikut :

1.     Sejarah Politik
Sejarah Politik merupakan Sejarah yang membicarakan soal keterkaitan manusia dengan pemerintahan. Penulisan sejarah politik biasanya menampilkan peran-peran “orang besar” , maksudnya adalah orang-orang yang memiliki pengaruh yang sangat besar terjadap kekuasaan. Dalam sejarah politik , “orang-orang besar ” misalnya raja atau pemimpin negara , seperti Hitler , Kaisar Hirohito,dan Musolini.
2.     Sejarah Sosial
Sejarah Sosial adalah sejarah tentang masyarakat . Sejarah Sosial mengkaji masalah sejarah masyarakat yakni kondisi masyarakat,kegiatan masyarakat,stratifikasi masyarakat dan sebagainya. Nana Supriatna Mengemukakan bahwa Sejarah Sosial merupakan sejarah yang mengkaji masalah-masalah sosial seperti kemiskinan , kelaparan , kebodohan , keterbelakangan, dan kemerosotan moral. Masalah-Masalah yang berhubungan dengan kepincangan-kepincangan dalam pengadaan pangan , sandang,perumahan,kesehatan,dan pendidikan menjadi fokus kajian sejarah Sosial.
3.     Sejarah Ekonomi
Sejarah Ekonomi Merupakan sejarah mengenai perekonomian yang membahas masalah perekonomian bangsa-bangsa  dari zaman purba hingga sekarang. Atau pengertian lainnya ialah Sejarah Ekonomi adalah cabang sejarah yang paling cocok dengan teknik-teknik kuantitatif sehingga dianggap sebagai sains atau ilmu sosial. Sejarah ekonomi membahas masalah perekonomian bangsa-bangsa dari zaman purba hingga sekarang
4.     Sejarah Kebudayaan
Sejarah kebudayaan merupakan sejarah tentang kebudayaan .atau Sejarah yang membahas hasil-hasil budaya manusia,dari masa lampau hingga sekarang  Dengan kebudayaan , kebutuhan fisik manusia dapat tercukupi. Ruang Lingkup Sejarah sangat Luas. Semua perwujudan berupa struktur dan Proses Kegiatan manusia menurut dimensi etis dan estesis adalah kebudayaan .
5.     Sejarah Etnis
Sejarah Etnis mulai digunakan secara umum oleh para pakar anthropologi,arkeologi,dan sejarawan sendiri sejak tahun 1940-an. Semula Sejarah ini mengkaji kelompok-kelompok etnis indian di Amerika Serikat.
Ruang lingkup kajiannya meliputi aspek-aspek sosial ,kebudayaan,ekonomi,kepercayaan dari masyarakat ,sistem kekerabatan,migrasi,perubahan-perubahan sosial ,termasuk dampak interaksi dengan orang-orang eropa.
6.     Sejarah Intelektual
Di Indonesia jenis sejarah keluarga ini belum berkembang meskipun embrionya sudah ada pada masing-masing keluarga tertentu berupa silsilah-silsilah keluarga (family tree). Biasanya yang menyimpan silsilah keluarga ini keturunan-keturunan dari para mantan elit penguasa seperti : raja-raja,bangsawan,dan orang-oramg kaya. Dan juga para elit agama .


7.     Sejarah Pendidikan
Sejarah pendidikan merupakan uraian tentang proses perkembangan pendidikan disuatu daerah. Sejarah pendidikan mempunyai sejarah yang sama tuanya dengan mesyarakat pelakunya sendiri , sejak dari pendidikan informasi dalam keluarga, sampai dengan pendidikan formal dan non formal dalam masyarakat agraris maupun industri.
Secara umum pendidikan dibedakan atas tingkat dasar ,menengah, dan tinggi. Dari suatu tingkat pendidikan setempat dapatlah diketahui sudah maju tidaknya masyarakat setempat.
8.     Sejarah Keluarga
Di Indonesia jenis sejarah keluarga ini belum berkembang meskipun embrionya sudah ada pada masing-masing keluarga tertentu berupa silsilah-silsilah keluarga (family tree). Biasanya yang menyimpan silsilah keluarga ini keturunan-keturunan dari para mantan elit penguasa seperti : raja-raja,bangsawan,dan orang-oramg kaya. Dan juga para elit agama .
9.     Sejarah Lokal.
Sejarah Lokal mengandung pengertian suatu peristiwa yang terjadi disuatu daerah atau tempat tertentu dan memuat masala-masalah yang ada didaerah tertentu itu juga.
Dalam Sejarah Lokal muncul tokoh-tokoh lokal yang memperjuangkan wilayahnya.
Contohnya : Perjuangan Imam Bonjol dari Sumatera Barat, Perjuangan Teuku Umar dari Aceh,dan pahlawan lain dari berbagai daerah di Nusantara.

10.                        Sejarah Militer
Sejarah Militer dapat Didefinisikan sebagai sejarah angkatan bersenjata dan perilaku perang . Beberapa hal yang dapat dibahas dalam sejarah perang , misalnya strategi yang digunakan , kekuatan pasukan yang berperang,senjata yang digunakan.Dalam penulisan Sejarah militer yang sudah berkembang , penulisan sejarah perang tidak hanya ditonjolkan aspek-aspek operasional meliter semata. Sejarah perang bisa dilihat dari aspek-aspek lainnya , misalnya aspek ekonomi.
11.                        Sejarah Dunia
Sejarah Dunia menceritakan peristiwa penting sejumlah negara , menyangkut hubungan antarnegara ,serta peristiwa dan fakta sejarah dari banyak negara dibelahan dunia ini. Banyak ahli sejarah dan para peneliti telah mempublikasikan sejarah dunia , seperti sejarah negara-negara Eropa,Asia,sejarah Mesir,sejarah Afrika , dan sejarah Australia yang telah dibentangkan secara panjang lebar dari aspek politik ,ekonomi,sosial,budaya yang terjadi pada kawasan negara-negara tersebut.
12.                        Sejarah Nasional Indonesia
Sejarah Nasional menceritakan sejarah bangsa Indonesia mulai sejak pertumbuhan sampai sekarang . Sejarah zaman purbakala memuat bagaimana keadaan dan kemampuan masyarakat nenek moyang kita, kepercayaannya , serta hasil-hasil budayanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar