Minggu, 02 Juni 2013

tugas Nadya Marsella Br. S.


PeradabanAwalBangsa India


Nama               : NadyaMarsella BR. Simanungkalit
Kelas               : X.9
NIS                 : 123304

Secarageografis, wilayah India merupakansuatujazirahdaribenua Asia.Letak India seakan-akanterpisahdaridaratan Asia.Hal inidisebabkanolehpegunungan Himalaya di sebelahutara India.Olehkarenaposisiwilayahnyamenyendiridaridaerah Asia yang lain, maka India seringdisebut “anakbenua Asia”.
            Di tengah-tengahdaerah India terdapatpegununganWindya. yangmembagi India menjadiduabagian, India Utaradan India Selatan.Indiabagian Utara, mengalirsungaiShindu (Indus), Gangga, Yamuna, danBrahmaputera. Sehinggamenjadidaerah yang subur.India bagian Selatan daerahnyaterdiridaribukit-bukitdangunung-gunung yang keringdantandus.Dalamsejarahnya, India memilikiduaperadabankuno, yaituperadabanlembahsungai Indus (Shindu) danperadabanlembahsungaiGangga.

A. PeradabanLembah Sungai Indus (Shindu)
            Peradabanlembah Sungai Indus berlangsungpada 2800 SM hingga 1800 SM yang berada di sepanjang Sungai Indus dan Sungai Ghaggar-Hakradenganpanjang 2.900 kilometer. Sisaperadaban Sungai Indus bisadilihatdaripeninggalannya yang sangatmengagumkan, yaitukotaMohenjodarodan Harappa.
            MohenjoDaromerupakansebuahkawasanreruntuhan-kotapeninggalankebudayaanHindustanyang berada di bagianselatanLembah Sungai Indus, distrikLarkana, propinsi Sind, Pakistan.Kota MohenjoDarodapatdikatakantelahmemilikikebudayaantinggidalambidangarsitekturkarenaadanyapenataanmassabangunankota yang sangatrapidanteratur. Secaragarisbesar, Kota MohenjoDarodibagimenjadiduabagianberdasarkanfungsinya.Bagiantimurkota (disebutLower Town) merupakanwilayah yang digunakansebagaiperumahanpenduduk. Sedangkanbagian lain darikota (disebutCitadel) merupakansebuahkawasanpusatkotaMohenjoDaro.Harappaadalahsebuahkotakuno yang berada di bantaran Sungai Ravi, propinsi Punjabi, timurlaut Pakistan. Letaknyaberada di 35 km sebelahtenggarakotaSahiwal. Kota Harappa dibagimenjadi 2 bagianberdasarkanfungsimasing-masing, yaknibagianpemerintahandanbagian administrative. Benda-benda yang ditemukan: arca-arca, patung (terra cotta) yang diukirsepertibentukwanitatelanjangdengan dada terbuka. Ukiranitu member maknabahwaibumerupakasumberkehidupan.




B. PeradabanLembah Sungai Gangga
Lembah Sungai Gangga terletak antara Pegunungan Himalaya dan Pegunungan Windya-Kedna.PendukungperadabanLembah Sungai Ganggaadalahbangsaarya yang temasukbangsa IndoGerman.Perkembangansistempemerintahan di Lembah Sungai Ganggamerupakankelanjutandarisistempemerintahanmasyarakat di daerahLembah Sungai Indus. RuntuhnyaKerajaanMauryamenjadikankeadaankerajaanmenjadikacaudikarenakanpeperanganantarakerajaan-kerajaankecil yang inginberkuasa.Keadaan yang kacau, mulaiamankembalisetelahmunculnyakerajaan-kerajaanbaru.Kerajaan-kerajaantersebut di antaranyaKerajaan Gupta danKerajaanHarsha.
PendiriKerajaan Gupta adalahRaja Candragupta Idenganpusatnya di Lembah Sungai Gangga.MasakejayaanKerajaan Gupta terjadipadamasapemerintahanSamudragupta (CucuCandragupta 1).Pengganti Raja SamudraguptaadalahCandragupta II, yang dikenalsebagaiWikramaditiya.Dalam-perkembangannyaKerajaan Gupta mengalamikemunduransetelahmeninggalnya Raja Candragupta II.India mengalamimasakegelapanselamakuranglebihduaabaddanbarupadaabad ke-7 M tampilseorang raja kuat yang bernamaHarshawardana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar